Sejarah Komputer

Seputar Dunia Komputer & Internet

A. Definisi Komputer
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah informasi menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang pekerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi computer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan Matematika. Adapun istilah yang cocok untuk menyebut Komputer adalah Pemroses Informasi atau Sistem Pengolah Informasi.
Komputer dapat didefinisikan sebagai peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu Informasi berdasarkan Program dan data yang ada.

B. Input Device
Adalah unit yang berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar kedalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Adapun beberapa contohnya :
1. Keyboard
Adalah peralatan mengetik yang digunakan untuk menginput teks dan juga untuk mengontrol pengoperasian komputer. Ada berbagai jenis tata letak tombol-tombol pada keyboard, namun yang paling populer digunakan adalah tata letak QWERTY yang sebenarnya merupakan tata letak mesin ketik yang paling populer.

2. Mouse
Adalah alat yang digunakan untuk memasukan data kedalam komputer. Mouse biasanya berbentuk seperti seekor tikus yang menjadi asal nama bahasa inggrisnya (mouse). Dalam sejarahnya Mouse diciptakan pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart dengan 1 tombol dan terbuat dari kayu. Model kedua kemudian sudah disempurnakan dan sudah memiliki 3 tombol. Tahun 1970 Douglas Engelbart memperkenalkan Mouse yang dapat mengetahui posisi X dan Y pada layar komputer dan diberi nama “X-Y Position Indicator”.
Mouse bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh sebuah permukaan yang keras dan rata. Saat ini, teknologi Mouse sudah menggunakan sinar optik dan juga dilengkapi dengan teknologi wireless sehingga memungkinkan penggunanya untuk lebih leluasa menggeser Mouse tanpa adanya kendala seperti kabel yang menyangkut seperti pada Mouse buatan sebelumnya (Kuno).

3. Joystick
Adalah alat masukan komputer yang berwujud tuas yang dapat bergerak ke empat arah (kiri-kanan dan maju-mundur). Joystick biasanya digunakan untuk bermain game. Joystick memiliki banyak varian, diantaranya berbentuk tuas pesawat terbang, mobil balap dll.

4. Scanner
Adalah alat untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda, seperti dokumen, foto, gelombang, suhu. Dan lain-lain. Secara umum hasil dokumen yang sudah melalui proses scanning akan berupa gambar (images) yang memiliki format *.bmp,*.png atau *.jpg
Terdapat beberapa jenis scanner bergantung pada kegunaan dan cara kerjanya, antara lain:

a. Scanner gambar
b. Scanner barcode
c. Scanner sinar-X
d. Scanner cek
e. Scanner logam
f. Scanner Optical Mark Reader (OMR)

Diantara jenis scanner diatas, Scanner gambar adalah yang paling sering disebut sebagai scanner. Seperti halnya pada scanner OMR, Scanner gambar juga dapat digunakan sebagai scanner Lembar Jawaban Komputer (LJK). Untuk menganalisa jawaban pada LJK, maka dibutuhkan perangkat lunak dengan teknologi Digital Mark Reader (DMR).

5. Webcam
Singkatan dari Web Camera adalah sebutan bagi kamera realtime (keadaan saat ini) yang gambarnya dapat diakses atau dilihat melalui World Wide Web (W3), program pesan instan, atau aplikasi video call. Saat ini sudah banyak produsen yang membuat Webcam diantaranya: Logitech, SunFlower, dll. Pada mulanya Webcam hanya memiliki resolusi 352x288/640x480 pixel. Namun saat ini resolusi Webcam sudah mencapai 1920x1080 pixel bahkan ada yang melebihi itu.

C. Proses Device
Peralatan Proses adalah alat yang digunakan untuk melakukan suatu pemrosesan data. Adapun Peralatan Proses adalah sebagai berikut:

1. Processor, berfungsi sebagai Pengolah Data, Processor juga merupakan bagian yang sangat penting dalam Komputer. Kehandalan atau Kecanggihan suatu Komputer dapat dilihat dari Processor yang digunakannya, misalnya Processor : Intel Pentium 4, Dual Core, Core Duo, Core i3 dan Core i7. Semakin tinggi tingkatan Processornya maka semakin cepat pula Komputer tersebut dalam memproses dan menjalankan Program yang kita eksekusi (dijalankan).

2. ROM, Memori dalam CPU berfungsi membantu proses kerja komputer. ROM adalah salah satu memori, mempunyai sifat hanya dapat dibaca dan tidak boleh diubah dan mempunyai sifat yang tetap (non-volatile). ROM mula berfungsi ketika  komputer dihidupkan.Sebahagian perintah ROM ini  juga dipindahkan ke dalam RAM.

3. RAM, Merupakan jenis memori yang dapat dibaca, diisi, dan diubah. RAM mempunyai sifat sementara yaitu memori tidak dapat dibaca jika Komputer dalam keadaan dimatikan (Shutdown).

D. Output Device
1. Printer
Adalah alat yang digunakan untuk menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar dengan media kertas. Printer terbagi beberapa bagian, yaitu picker sebagai alat pengambil kertas dari tray. Tray ialah tempat menaruh kertas. Tinta atau toner adalah alat pencetak sesungguhnya. Perbedaan toner dengan tinta hanyalah perbedaan sistem. Jika toner atau laser membutuhkan pemanasan, sedangkan tinta atau inkjet tidak membutuhkan pemanasan dan hanya membutuhkan pembersihan pada print headnya.
Printer mempunyai 6 jenis yaitu Dot-Matrix, Dasiy Wheel, Inkjet, Bubble jet, Chain, Drum, dan juga jenis Laser.

2. Pengeras Suara
Dalam bahasa inggris dikenal sebagai loud speaker adalah komponen elektronika yang menerima sinyal masukan den memberi respon keluaran berupa frekuensi suara dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.

E. Sejarah Komputer

Sejak zaman dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh Manusia. Manusia juga telah menemukan alat Mekanik dan Elektronik untuk membantu Manusia dalam melakukan Perhitungan maupun Pengolahan data agar mendapat hasil yang cepat dan akurat. Komputer yang ada saat ini sudah memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar melakukan Perhitungan Matematika, diantaranya adalah Komputer kasir di sebuah Supermarket yang mampu membaca Kode Batang (Barcode), dan juga Kamera Pengawas (CCTV) yang mampu dikendalikan dari jarak jauh melalui sambungan Internet.

Komputer sebagai alat Pengolah Data dapat digolongkan menjadi 4 golongan besar, Yaitu:

1. Peralatan Manual
Adalah peralatan pengolah data tanpa mesin, yaitu dengan menggunakan tangan Manusia.

2. Peralatan Mekanik
Adalah peralatan yang sudah berbentuk mekanik, namun masih digerakan secara manual dengan tenaga dari tangan Manusia.

3. Peralatan Mekanik Elektronik
Adalah peralatan mekanik yang sudah digerakan secara otomatis oleh motor elektronik.

 F. Komponen Pembangun Sistem Komputer
1. Hardware
Adalah semua bagian fisik Komputer berupa materi yang dapat disentuh oleh tangan dan dapat dilihat oleh mata. Adapun contohnya sebagai berikut :

a. Motherboard
b. Keyboard
c. Mouse
d. Monitor
e. Webcam, dll.

2. Software

Software atau perangkat lunak merupakan suatu program yang digunakan dalam Komputer berupa intruksi-intruksi (perintah) yang dapat dimnegerti oleh Komputer. Software tidak dapat berjalan sendiri, Software harus di eksekusi oleh penggunanya untuk melakukan tugas sesuai perintah penggunanya. Software juga dapat mengoperasikan perangkat keras (Hardware) yang ada pada komputer. Tanpa adanya software, perangkat keras Komputer tidak akan bisa dioperasikan. Berikut beberapa contoh Software:

a. Microsoft Office Word
b. Microsoft Office Excell
c. Microsoft Office PowerPoint, dll.

3. Brainware
Adalah sebutan untuk orang yang mengendalikan Komputer dengan menggunakan media perantara Hardware (Perangkat Keras) seperti Mouse, Keyboard dll.